Studi Transport (Perencanaan, Studi Kelayakan, dan Engineering);

Pada Peraturan Presiden Republik Indonesia nomor 54, pasal 1, poin 16 pada tahun 2010 tentang pengadaan barang/jasa dikatakan bahwa jasa konsultasi adalah jasa layanan profesional yang membutuhkan keahlian tertentu di berbagai bidang keilmuan yang mengutamakan adanya olah pikir (brainware). 

Di poin 19 pun dijelaskan bahwa tanda bukti pengakuan dari pemerintah atas kompetensi dan kemampuan profesi di bidang pengadaan barang/jasa berupa sertifikat keahlian pengadaan barang/jasa. Jadi, untuk menjadi seorang konsultan Pins memerlukan tanda kompetensi yang dapat dipertanggung jawabkan, salah satunya berupa sertifikat. Nah, sebenarnya apa itu konsultan dapat anda pahami lewat bidang pekerjaan yang memang digeluti oleh para ahli tersebut. Apa saja bidang pekerjaan konsultan itu sendiri? 

Konsultan Pemasaran

Fungsi dari konsultan sebagaimana mestinya memang terbagi atas bidang yang digeluti. Salah satunya adalah konsultan pemasaran. Profesi ini membutuhkan sebuah kemampuan memberikan motivasi maupun cara yang baik untuk mendapatkan minat pelanggan. Apa itu konsultan pemasaran juga menjadi salah satu profesi yang dicari untuk mengetahui bagaimana teknik pemasaran yang tepat agar suatu produk laris dipasaran.

Upah yang didapatkan oleh seorang konsultasi pemasaran terletak pada jam terbang dan juga bidang usaha apa yang membutuhkan jasa konsultasi. Pertama anda bisa mendapatkannya dari gelar sarjana, kemudian pengalaman kerja dan setelahnya adalah persoalan mendapatkan klien. Cobalah untuk merapikan dengan baik portofolio pekerjaan anda dan buatlah klien terkesan. Selain itu, ada baiknya untuk memperkuat potensi diri dengan mengambil sertifikat khusus dari Asosiasi Pemasaran agar anda terlihat lebih meyakinkan. Tujuan konsultan adalah mempunyai merek atau bisnis sendiri. Bila Pins sudah mempunyai ragam pengalaman, tidak ada salahnya untuk membuka jasa konsultan pemasaran sendiri.

Konsultan Proyek

Apa itu konsultan proyek? Apa Pins pernah mendengarnya? Konsultan proyek adalah seseorang atau badan usaha yang bertugas untuk mengawasi pelaksanaan sebuah proyek sehingga pelaksanaanya dapat berjalan dengan baik dan dapat selesai tepat waktu. Biasanya konsultan proyek direkrut oleh pemilik proyek sebagai bala bantuan meringankan sekaligus memastikan kualitas proyek konstruksi sesuai dengan standarnya. Pada umumnya seorang konsultan proyek juga memiliki para ahli yang dipercaya pada bidang arsitek, teknik sipil, elektrikal dan lain-lain sebagai penguat konsultasi.

Sebelum memulai sebuah pekerjaan konsultan, sebaiknya anda jangan lupa untuk membuat kontrak kerja kedua belah pihak agar tugas jelas dan menghindari adanya hal yang tidak diinginkan di kemudian hari. Selain saran dan masukan yang diberikan, konsultan proyek juga bertugas membuat laporan akhir dari semua evaluasi yang telah dilakukan selama proyek berlangsung. Selain dapat menjadi salah satu portofolio seorang konsultan, bukti ini dapat dipakai pemilik proyek untuk mengoreksi proyek selanjutnya yang akan dibuat.

Konsultan Hukum

Selanjutnya mengenal apa itu konsultan hukum. Konsultan hukum merupakan seorang ahli hukum yang bertugas memberikan nasihat melaksanakan tugas non-litigasi. Maksudnya adalah seorang konsultan hukum tidak dapat mendampingi kliennya dalam pengadilan. Konsultan hukum hanya bertugas memberikan analisis yang tajam pada satu kasus hukum lebih dalam.

Tujuan mempertajam analisis hukum sebagai konsultan adalah mendampingi suatu badan dalam perjalanannya membuat sebuah usaha sudah mengikuti kaidah hukum yang ada. Tidak heran banyak dari perusahaan besar memiliki satu konsultan hukum yang tidak berganti karena sudah dipercaya mempunyai pengalaman dalam mengatasi sejarah hukum dalam perusahaan tersebut. Apa Pins tertarik menjajal profesi ini?

Konsultan Kesehatan

Pada dasarnya konsultan adalah seseorang yang memberikan konsultasi untuk menyelesaikan suatu permasalahan maupun menjaganya agar tetap pada kriteria semestinya. Sebagai konsultan kesehatan, anda harus memahami kondisi kesehatan yang terjadi pada pihak penerima konsultasi agar sesi konsultasi yang dijalani dapat berpengaruh.

Untuk menjadi seorang konsultan kesehatan anda diajak untuk lebih mendalami mengenai nutrisi, anatomi, kebugaran, fisiologi dan hal-hal lainnya mendukung kesehatan tubuh lebih baik. Anda bertugas memberikan konsultasi untuk meningkatkan salah satu aspek dalam tubuh yang kurang dalam tubuh klien. Apa itu konsultan kesehatan dapat diperdalam dengan minat ataupun spesialis layaknya dunia kedokteran. Contohnya adalah memperdalam gizi, kebugaran maupun olahraga, dan gaya hidup. Hal yang tak kalah penting lainnya adalah komunikasi yang baik dan penyesuaian pada klien yang berbeda-beda latar belakang kehidupan.

Itulah pengertian apa itu konsultan dan fungsinya bagi sebagian pekerjaan. Baik konsultan pemasaran, hukum, proyek dan kesehatan semua memiliki peran penting dalam bidang pekerjaannya. Bila Pins tertarik salah satunya, mulailah untuk mendalami setiap pekerjaan yang memiliki daya tarik, dan jangan pernah berhenti untuk memperbanyak pengalaman dan memperbaharui ilmu seiring dengan perkembangan.